Indian Nano Delta Indian Romeo Alfa - Zebra Alfa Hotel Romeo Alfa - Papa Uniform Tango Romeo Indian

Senin, 29 April 2013

Prilaku Konsumen


       Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
         Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa konsumen selalu berusaha untuk mencapai kegunaan (utility) maksimal dalam pemakaian barang yang dikonsumsinya. Kegunaan (utility) adalah derajat seberapa besar sebuah barang atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seseorang.

Kegunaan atau nilai guna suatu barang dapat didasarkan dalam hal berikut ini :
  • Nilai guna total (total utility) adalah kepuasan total yang dinikmati oleh konsumen dalam mengonsumsi   sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan.
  • Nilai guna maksimal (marginal utility) adalah tambahan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen dari    setiap tambahan barang atau jasa yang dikonsumsinya.
  • Nilai guna yang semakin menurun (diminishing return) atau pemenuhan secara vertical yaitu nilai guna yang diperoleh konsumen untuk setiap tambah konsumsi yang dilakukan pada mulanya meningkat, tetapi sampai pada titik tertentu akan mengalami penurunan.
  • Nilai guna yang sama atau pemenuhan secara horizontal dikenal dengan Hukum Gossen II yang menyatakan bahwa konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marginal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama, artinya unit terakhir dari masing-masing produk yang dikonsumsi memiliki nilai sama.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
  •  Faktor Budaya
  •  Faktor Sosial
  •  Faktor Pribadi
  •  Faktor Psikologis
  •  Faktor Marketing Strategy


Pendekatan Perilaku Konsumen terbagi dua yaitu :

* Teori Kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara normal. 
* Teori Ordinal : kegunaan tidak dapat dihitug tetapi hanya dapat dibandingkan.
  terbagi atas 7 bagian :
   a. Kurva Indiverensi
   b. Kurva Garis Anggaran
   c. Perubahan Harga Barang dan Pendapatan
   d. Keseimbangan Konsumen
   e. Reaksi Terhadap Perubahan Harga Barang
   f. Reaksi Terhadap Perubahan Pendapatan Nominal
   g. Efek Substitusi


Tidak ada komentar: