Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau
jasa. Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka
dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
Kegunaan atau nilai guna suatu barang dapat didasarkan dalam
hal berikut ini :
- Nilai guna total (total utility) adalah kepuasan total yang dinikmati oleh konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan.
- Nilai guna maksimal (marginal utility) adalah tambahan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen dari setiap tambahan barang atau jasa yang dikonsumsinya.
- Nilai guna yang semakin menurun (diminishing return) atau pemenuhan secara vertical yaitu nilai guna yang diperoleh konsumen untuk setiap tambah konsumsi yang dilakukan pada mulanya meningkat, tetapi sampai pada titik tertentu akan mengalami penurunan.
- Nilai guna yang sama atau pemenuhan secara horizontal dikenal dengan Hukum Gossen II yang menyatakan bahwa konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marginal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama, artinya unit terakhir dari masing-masing produk yang dikonsumsi memiliki nilai sama.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
- Faktor Budaya
- Faktor Sosial
- Faktor Pribadi
- Faktor Psikologis
- Faktor Marketing Strategy
Pendekatan Perilaku Konsumen terbagi dua yaitu :
* Teori Kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung
secara normal.
* Teori Ordinal : kegunaan tidak dapat dihitug tetapi hanya
dapat dibandingkan.
terbagi atas 7 bagian :
a. Kurva Indiverensi
b. Kurva Garis Anggaran
c. Perubahan Harga Barang dan Pendapatan
d. Keseimbangan Konsumen
e. Reaksi Terhadap Perubahan Harga Barang
f. Reaksi Terhadap Perubahan Pendapatan Nominal
g. Efek Substitusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar