Indian Nano Delta Indian Romeo Alfa - Zebra Alfa Hotel Romeo Alfa - Papa Uniform Tango Romeo Indian

Selasa, 03 April 2012

Manusia dan Tanggung Jawab

TANGGUNG JAWAB adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan akan kewajibannya. Contohnya, seorang pelajar berkewajiban untuk belajar. Jika pelajar tersebut menjalankan kewajibannya maka pelajar tersebut telah bertanggung jawab akan kewajibannya. Dan apabila si pelajar tidak melaksanakan kewajibannya, maka pelajar tersebut dapat dikatakan tidak bertanggung jawab..

Contoh Penggambaran lainnya
Andi adalah seorang yang aktif di dalam lingkungan masyarakat. Suatu hari pembina OSIS mengadakan rapat untuk membuat acara Pentas Seni. Saat rapat berlangsung Andi ditunjuk oleh pembina OSIS untuk menjadi ketua pelaksana pada acara tersebut. Disini Andi dipercaya untuk memimpin teman-temannya dalam mengadakan acara Pentas Seni. Pembina OSIS percaya bahwa Andi memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan  mensukseskan acara pentas seni tersebut bersama dengan panitia lainnya. Sejak kecil, Andi sudah diajarkan untuk bertanggung jawab atas kewajiban-kewajibannya.  Acara pentas senipun berjalan dengan lancar, walau ada beberapa kendala saat pelaksanaannya. Tetapi, sikap wibawa dan bijaksana Andi dapat mengatasi kendala-kendala yang ada saat pelaksanaannya. Sikap Andi tergolong sebagai manusia yang bertanggung jawab.
Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup didalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan lingkungannya. Manusia diciptakan untuk keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara sesama manusia, dan lingkungannya. Tanggung Jawab itu bersifat Kodrati, ketika seseorang telah menginjak ke bangku sekolah. Ia telah mendapatkan tanggung jawab untuk menjalankan hidupnya. Apabila sejak kecil telah diajarkan untuk selalu bertanggung jawab atas kewajibannya, maka Tanggung jawab itu sendiri akan mendarah daging di dalam diri seseorang.

Tanggung jawab bukan hanya pada diri sendiri, tetapi ada juga tanggung jawab kepada Allah, keluarga, masyarakat dan Bangsa. Tanggung Jawab terhadap diri sendiri adalah bagaimana seseorang bisa melaksanakan kewajiban yang telah ia dapati selama di dunia ini. contoh, saya adalah seorang mahasiswi. Kewajiban saya adalah belajar. Dan saya harus bertanggung jawab terhadap kewajiban saya tersebut.
Tanggung jawab terhadap keluarga adalah kewajiban yang telah diberikan keluarga kepada anda. contoh Orang tua telah membiayai anda untuk meneruskan pembelajaran di bangku perkuliahan. Apabila anda tidak melakukan pembelajaran tersebut, maka anda adalah seseorang yang kurang bertanggung jawab dan terhadap kewajiban anda kepada orang tua anda.
Tanggung Jawab terhadap Allah SWT adalah bagaimana kewajiban kita sebagai hambanya untuk menjalankan kewajibannya dan menjauhi semua larangannya. contohnya, kita wajib melaksanan puasa di bulan ramadhan. itu merupakan salah satu tenggung jawab dan kewajiban yang harus dijalani.
Tanggung jawab terhadap masyarakat, adalah bagaimana prilaku dan kewajiban kita di masyarakat. contohnya kewajiban kita untuk tidak membuang sampah sembarangan. apabila kita melakukannya kita telah menjalankan kewajiban kita dan kita juga membantu lingkungan agar sehat dan bersih.
Tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara, adalah kewajiban kita kepada INDONESIA. contohnya menjaga kebudayaan yang ada di Indonesia. karena apabila bukan kita generasi muda, siapa lagi ?

Jadi, Seorang Manusia harus menerapkan di dalam dirinya sikap Tanggung Jawab. dan untuk para orang tua agar menerapkan kepadda buah hatinya rasa tanggung jawab, agar ketika sang buah hati terjun kedalam lingkungan masyarakat, ia dapat bertanggung jawab dan kelak berguna untuk dirinya, keluarganya, serta bangsanya.

referensi: bab9 manusia dan tanggung jawab.pdf

Tidak ada komentar: